Random Talk,  Tutorial

Tips mengetik cepat (self experiences)

Hahalona!

Sesuai judulnya, kali ini aku akan sedikit sharing pengalaman aku gimana caranya aku bisa ngetik dengan cepat dengan menggunakan keyboard komputer. Ya mungkin ini pengalaman yang ga penting banget atau kalau kalian baca ini pasti mikir “ya ampun gini doang di posting?.” Jadi, kemarin itu aku nonton video youtubenya Raditya Dika, terus dia itu ngasih tips kalau mau jadi penulis itu usahakan menguasai ngetik dengan sepuluh jari tanpa perlu melihat keyboard. Maksudnya gimana? Jadi, kalian itu harus hapal dimana letak tombol ‘J’, tombol ‘Backspace’, dan tombol-tombol lainnya.

Sebenernya aku juga ngetik ga menggunakan 10 jari sih, tapi aku udah hafal letak tombol-tombol keyboard itu aka aku ngetik tanpa melihat keyboard itu sejak sma. Aku juga ga sadar sih, sampai akhirnya waktu aku mulai kuliah temen satu kos aku menyadari hal tersebut. Dia bilang kok bisa aku ngetik tapi matanya natap ke layar. Heh? Aku kaget dong aku ga merasa itu sesuatu yang aneh karena aku pikir semua orang seperti itu tapi ternyata ga semuanya ya.

Kenapa aku bisa ngetik seperti itu? Dan sekarang aku mengetik menggunakan 6 jari heheh kadang 8 jari juga sih. Kenapa ga 10? karena kelingking aku itu sulit banget untuk mencapai tombol keyboard hehehe.

Kebiasaan yang sering aku lakukan itu . . .

  1. Aku sering banget yang namanya chatting di komputer. Dulu, aku sering banget chatting di sebuah web flash interaktif gitu yang aku tau dari kaskus. Namanya Red Universe dan itu seru parah sampe aku kadang begadang hanya karena chatting sama karakter-karakter disana yang mempertemukan aku sama banyak orang yang berbeda. Sekarang aku gatau sih link webnya apa.
  2. Kedua, aku dulu sering banget lomba ngetik di Type Racer. Ini seru banget kayak balapan. Di situs ini kita bisa tau kecepatan, berapa kesalahan, dan juara berapa kita di balapan tersebut.
  3. Sering-seringlah mengetik, apapun itu. Ngetik cerita pendek, ngetik tugas-tugas, jadi biasakan untuk tidak melakukan copy-paste.

Ya gitulah pokoknya pengalaman dari aku, ini semua bisa dikuasai seiring berjalannya waktu. Tapi, keuntungan bisa mengetik kayak gini itu ketika kalian lagi bikin skripsi kerasa banget ngetiknya kayak diatas awan, apalagi kalau ide di kepala udah ada tinggal gas deh sampe titik. hahaha

Sekian pengalaman ecek-ecek aku, semoga ga bikin kalian kesel bacanya. See ya!

 

halona blck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *