Beauty

Review The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Akhirnya setelah sekian lama kini kembali lagi mengulas produk perawatan wajah. Kali ini saya sedang mencoba peruntungan melalui salah satu produk dari DECIEM yaitu The Ordinary.

Produk ini sebenarnya udah ‘rame’ dibicarakan sejak beberapa tahun terakhir karena kandungan di setiap jenis produknya itu to the point banget yang disesuaikan dengan berbagai macam masalah kulit. Jadi, banyak banget jenisnya dan bisa bikin bingung.

Bagi yang awam untuk menentukan pilihan bisa dengan mengunjungi situs DECIEM aja karena jelas dan cukup mudah. Setelah proses pencarian, akhirnya saya memutuskan untuk membeli The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Konon kandungan Niacinamide ini cocok untuk kulit yang berjerawat, tapi kondisi kulit saya saat ini normal dan tidak berjerawat. Hanya saja ada beberapa titik hiperpigmentasi bekas jerawat yang sulit hilang walaupun seharusnya kulit wajah masih aktif regenerasi. Tapi kok ya lama banget ilangnya kan gemas.

Demi mengetahui efek pemakaian produk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini apakah cocok atau tidak, saya rela meninggalkan rangkaian penggunakan perawatan wajah lain. Selama sebulan penuh saya hanya menggunakan serum The Ordinary saat malam, kemudian saat siang hanya menggunakan sunscreen Biore UV dan bedak tabur Marcks.

Kemasan

Kemasan The Ordinary Niacinamide

Produk yang saya beli ini dibungkus dengan kardus selayaknya produk perawatan yang lain. Di dalamnya terdapat kertas yang berisikan beberapa bahasa mengenai kandungan produk dan tentunya botol serum yang terbuat dari kaca. Botolnya cukup tebal sih cuma yang namanya kaca pasti rentan pecah juga.

Botol serum dari The Ordinary ini aplikatornya semacam pipet karet yang dalamnya pun kaca juga. Hal ini sama seperti serum yang lain yang berguna menjaga kebersihan produk.

Walaupun dikatakan untuk kulit berjerawat namun produk ini juga dikatakan bisa mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit karena hiperpigmentasi, dan mengontrol minyak.

Bagian bawah botol terdapat nomor timbul

Mengenai kandungan apa yang ada di dalamnya lebih baik langsung meluncur ke websitenya saja ya karena saya kurang paham juga HAHAHA. Buka disini ya..

Tekstur

Cairan dari serum ini berwarna bening dan sedikit agak kental. Mudah sekali saat dibaurkan pada kulit, sedikit saja sudah dapat digunakan ke hampir seluruh bagian wajah. Selain itu serum ini cepat banget menyerap maka dari itu harus diusapkan secara cepat ke seluruh wajah.

Tips saat menggunakan serum The Ordinary Niacinamide ini pastikan wajah kalian dalam kondisi yang kering. Apabila diusapkan saat wajah masih basah nantinya akan muncul busa-busa kecil yang membuat sedikit tak nyaman.

Baca juga : Review Sunscreen Biore Aqua Rich

Hasil Pemakaian

Baiklah karena memang sudah hampir satu bulan menggunakan produk ini secara ‘solo’ sekarang saatnya mengulas. Perlu diingat saya menggunakan serum ini hanya saat malam hari tanpa dibarengi dengan produk lain.

Pemakaian pertama cukup kaget karena cairannya berbau seperti lem, agak menyengat namun beberapa detik kemudian akan menghilang dengan sendirinya. Namun, tidak begitu mengganggu. Efek yang saya rasakan agak sedikit panas dibagian lekukan hidung dan atas bibir, mungkin karena aplikasi serum yang terlalu banyak.

Ada beberapa area yang agak gatal seperti pipi, jidat, dan dagu. Harap-harap cemas! Namun, reaksi tersebut hanya dirasakan saat pemakaian pertama mungkin karena proses mengenali sesuatu yang baru pada kulit wajah.

Saat bangun tidur wajah terlihat glowing dan agak cerah. Namun, setelah dibasuh ya biasa-biasa aja tidak ada efek terlalu signifikan.

Hal yang membuat saya gundah gulana ketika pemakaian memasuki minggu ke-2, wajah saya mendadak muncul jerawat kecil di area jidat dan dagu. Saya tetap berpikiran positif dengan terus menggunakan serum ini. Memang jerawat yang muncul itu cepat sekali matang dan hilangnya. Biasanya jerawat bisa mejeng di wajah saya selama 1 minggu lebih. Pffft…

Berikut saya sertakan foto before-after pemakaian serum The Ordinary Niacinamide selama kurang lebih 1 bulan.

Kiri Sebelum – Kanan Sesudah

Bagian jidat, masih ada beberapa bekas jerawat namun bruntusan sedikit hilang

Bagian jidat terlihat lebih halus, beruntusan agak sedikit hilang. Sedikit terlihat agak lebih cerah ya. Bisa terlihat kan? Mudah mudahan bukan karena efek pencahayaan ya.

Bagian pipi sebelah kanan, bekas jerawat agak memudar
Bagian pipi kiri sangat terlihat hasilnya, noda jerawat samar dan tekstur wajah semakin baik

Ini yang paling saya suka, pada bagian pipi pori-pori terlihat sedikit mengecil walaupun tidak hilang sepenuhnya. Kalau dilihat di foto bekas jerawat yang menghitam hanya samar sedikit, namun bila dilihat secara langsung sangat terlihat perbedaannya.

Sekarang noda bekas jerawat tersebut tidak begitu terlihat. Selain itu garis-garis halus yang mirip kerutan sedikit agak samar. Noda jerawat yang sedang kering pun langsung menghilang.

Bagian dagu sebelumnya kering banget. Ada beberapa tambahan noda jerawat dan ada yang berkurang

Ini foto yang paling menggelikan karena bagian bawah bibir sangat kering dan komedo putih berdiri tegak. Terharu bekas jerawat yang hitam langsung samar hampir menghilang.

Bekas jerawat yang masih merah itu muncul saat pemakaian serum di minggu pertama. Langsung muncul 2 jerawat di dagu (lihat foto sebelah kanan).

Di bawah ini merupakan foto bagian pipi secara lebih besar dan jelas untuk membuktikan kalau pori-pori mengecil dan warna kulit mulai rata.

Keliatan ga sih bagian pipi jadi lebih mengecil pori-porinya dan warna kulit merata

Senang sekali dengan kemampuan serum The Ordinary ini, bekas jerawat menghitam yang saya punya sejak lebaran tahun 2019 akhirnya memudar. Entah sulit banget sebelumnya untuk hilang. Semoga 2020 bisa punya wajah yang bersih, halus, dan cerah. Terimakasih The Ordinary Niacinamide.

Oiya wajah saya juga ga menjadi kering, malah menjadi lebih bagus. Terkadang ada saat wajah terlihat makin glowing hahaha. Beneran bagus ternyata serumnya, pantas ya dipakai banyak orang.

Note : Namun, hasilnya berbeda di wajah teman saya yang kulitnya cenderung berjerawat dan sensitif. Setelah satu minggu penggunaan malah muncul jerawat-jerawat di bagian jidat dan pipi bagian dalam. Akhirnya dia mulai menghentikan penggunaan produk ini di minggu ke-2.

Jadi, saya tekankan sekali lagi efek pemakaian serum ini berbeda-beda bagi tiap orang ya. Denger-denger kalau pemakaian The Ordinary Niacinamide digabung dengan The Ordinary Alpha Arbutin bisa lebih maksimal untuk menghilangkan bekas jerawatnya. Bener ga sih?

Kesimpulan

Kesimpulan yang saya tulis ini berdasarkan hasil penggunaan serum The Ordinary Niacinamide pada kulit wajah saya sendiri ya. Hasilnya bagi orang lain mungkin berbeda.

+ Mengecilkan pori-pori
+ Menyamarkan noda hitam bekas jerawat (hampir menghilangkan)
+ Menyamarkan kerutan halus
+ Mengurangi beruntusan
+ Meratakan warna kulit wajah
+ Mudah diaplikasikan pada wajah
+ Isi produk cukup banyak

– Aroma produk agak menyengat saat awal pemakaian
– Tidak bisa digabung dengan produk yang mengandung vitamin c
– Banyak produk tiruan

Rencananya bulan depan saya akan menggunakan The Ordinary Niacinamide bersama dengan The Ordinary Alpha Arbutin, untuk melihat apakah hasilnya akan lebih maksimal atau gak yaaa.

Harga beli : Rp 110.000 / 30 ml. (jastip) – bisa lebih mahal di online shop lain
Nilai : 9/10 saya sangat merekomendasikan serum ini untuk kalian yang memiliki permasalahan kulit seperti saya
*Foto diambil menggunakan iPhone Xs teman, lokasi dan posisi pengambilan diusahakan sama untuk hasil foto yang maksimal.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!