Beauty

Kulit wajah mendadak kering

Ternyata ga cuma air dan dompet yang kering tapi kulit juga bisa kering. Waduh!

Jadi, beberapa minggu terakhir ini perasaan saya gundah gulana banget. Ga pernah gonta-ganti produk perawatan wajah tapi kok kulit wajah malah jadi bermasalah.

Awalnya saya ga sadar kalau ternyata kulit saya kering di bagian sekitar hidung, soalnya jarang ngaca dan ketutupan masker juga jadi ga ada temen yang bisa mengingatkan. Manja pengennya diingetin.

Hingga suatu pagi saat mau senyum kok susah banget. Kulit seakan ditarik paksa dan timbul rasa perih, apalagi di area bagian hidung ke pipi. Saat bercermin betapa kagetnya saya banyak sekali kulit yang mengelupas dan berwarna putih. Bahkan kulit kering tersebut bisa saya kelupas dengan tangan kosong. Sampai separah itu…

Tidak hanya di area hidung ke pipi, tapi juga di area sekitar bibir. Ya Allah untung pakai masker kalau ga pasti dikira belum mandi soalnya bener-bener mirip air liur yang kering.

Sudah saya coba bersihkan dengan tisu yang dibasahi namun kulit kering tersebut ga kunjung hilang. Malah setelah efek basah hilang kulit semakin kering dan memerah. Bagaimana ini cara bikin kulit wajah sehat lagi seperti sedia kala? Mikir keras!

Cari artikel terkait kulit kering

Source: undraw.com
Sumber: unDraw

Sebagai seorang yang menjadikan internet sebagai teman sejati (lebay). Tentu hal pertama yang saya tuju adalah internet. Saya cari semua artikel tentang kulit kering untuk tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Akhirnya saya menemukan salah satu artikel dari Halodoc yang menjawab pertanyaan saya. Buat kalian yang punya permasalahan yang sama yuk mari dibaca baik-baik tulisan Halodoc bagaimana cara mengatasi kulit kering disini. Gimana kira-kira cara mana nih yang bisa dipakai?

Terima kasih Halodoc sudah memberikan pencerahan untuk masalah ini. Buat kalian yang belum tau Halodoc ya ampun kemana aja! Halodoc itu aplikasi kesehatan yang punya banyak fitur yang paling sering kita temukan yaitu artikel yang membahas berbagai macam informasi kesehatan.

Jadi, sehat sekaligus cerdas sekarang mudah cukup cari artikel terkait di Halodoc. Selain itu melalui Halodoc kita juga bisa konsultasi dengan dokter baik umum maupun spesialis, enak banget ga perlu antri di rumah sakit. Bahkan melakukan pembelian obat melalui Halodoc. Bener-bener memudahkan.

Kembali lagi ke kulit kering saya ya, menurut artikel Halodoc cara untuk mengatasi kulit kering adalah:

Pakai tabir surya

Sumber: unDraw

Jujur setiap hari saya sudah menggunakan tabir surya. Bagi pembaca setia blog ini pasti tahu tabir surya apa yang saya gunakan. Tapi nampaknya kandungannya sedang tidak mampu untuk melindungi wajah saya dari sinar jahat matahari.

Tapi karena hanya punya satu ya terpaksa dipakai. Walaupun terasa panas di bagian yang kering tetap saya paksakan. Rupanya saat sampai di kantor mengelupasnya malah makin kelihatan.

Aduh saya sudah pusing dan putus asa. Mana cuma satu-satunya.

Pakai produk yang menenangkan dan melembabkan

Sumber: unDraw

Pusing banget mengatasi masalah kulit wajah yang seperti ini. Akhirnya saya memutuskan malam harinya untuk tidak menggunakan rangkaian perawatan wajah rutin. Buat yang ingin tahu rangkaian perawatan saya baca disini ya.

Kemudian lebih memilih menggunakan gel lidah buaya yang punya khasiat untuk menenangkan kulit wajah yang kering dan kemerahan itu. Kalian tahu sendiri kan gel lidah buaya itu dingin dan segar bukan main. Namun, hal tersebut ga berlaku pada saya karena terasa makin panas dan perih di area kulit kering.

Keesokan harinya tetap ga ada hasil, karena masih tetap kering garing. Saya memutuskan untuk ga pakai gel lidah buaya lagi soalnya ga kuat menahan panasnya. Rasanya seperti terbakar huhuhu.

Saya coba pakai krim siang yang mengandung pelembab, malah makin terlihat putih-putih efek kulit keringnya. Perih, kering, dan kemerahan masih setia menempel pada saya. Huh!

Konsultasi ke dokter

Sumber: unDraw

Menurut artikel Halodoc jika masalah kulit kering nan mengelupas tak kunjung membaik berarti kita harus segera konsultasi ke dokter. Tapi jujur sebelumnya saya ga pernah ke dokter kulit sama sekali. Takut cuy, bukan apa-apa takut mahal, takut disuruh beli macem-macem produk, dan takut ga bisa bayar hahaha. Sesimple itu overthinking akuhhhh.

Buat kalian yang memiliki kasus seperti saya lebih baik kita konsultasi melalui Halodoc, nantinya kita bisa berkomunikasi dengan dokter yang ahli di bidangnya. Tentunya kita pasti ingin diperiksa oleh dokter spesialis kulit ya kan. Yakali yang lain kan.

Jadi kalau lewat Halodoc konsultasinya kan ga perlu menunjukkan kekampungan mimik wajah kalau kaget atau ga ngerti sama pembahasannya.

Selain itu saya juga menemukan hal keren lain, selain konsultasi dengan dokter ternyata Halodoc juga memiliki fitur cari rumah sakit. Setelah pencarian rumah sakit/klinik mana yang bagus untuk konsultasi dan perawatan kulit kering akhirnya saya menemukan Gloskin Aesthetic Clinic Kebayoran.

Rupanya Gloskin Aesthetic Clinic Kebayoran ini adalah klinik pusat dari Gloskin. Kebayang bagaimana pengalaman pertama kesana pasti menyenangkan.

Sumber: Websites Gloskin Aesthetic Clinic

Gloskin Aesthetic Clinic ini sudah tersebar di berbagai kota. Sudah ga diragukan lagi treatment yang digunakan untuk mengatasi berbagai kulit wajah. Apalagi kering kayak saya gini. Visinya saja “Your beauty our priority” sefokus itu mereka untuk membuat wajah kita bagus lagi.

Setelah cari informasi lebih lanjut dan muhasabah diri, ternyata saya menyadari belum pernah sama sekali perawatan wajah yang menggunakan teknologi kekinian, malah facial aja belum pernah huhu. Mungkin ini penyebabnya kulit saya terlihat bagus namun ga sehat. Kulit saya butuh nutrisi.

Menurut websites resmi Gloskin, perawatan yang cocok untuk mengembalikan kelembaban kulit adalah Gloskin Hydra Glowing Face Therapy, Gloskin Oxy Glowing Face Therapy, atau Gloskin Mega Oxy Rejuve Face Therapy. Pokoknya ketiga perawatan tersebut langsung buat wajah terasa lembab dan cerah dalam satu perawatan.

Gloskin Aesthetic Clinic sepertinya bisa menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan kulit kering ini. Selain itu Gloskin juga menawarkan rangkaian produk yang bisa digunakan di rumah dari pembersih sampai ke pelembab.

Minum air putih dan makan makanan bergizi

Sumber: unDraw

Cara terakhir mengatasi kulit kering ini yaitu banyak minum air putih. Kulit kering bisa disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan cairan.

Berarti kedepannya saya harus sering minum dan makan buah-buahan. Kalau saya boleh jujur memang saya ini asupan cairannya belum lengkap dan jarang makan buah karena malas. Malas ngunyah seperti anak kecil.

Tolong jangan ditiru ya teman-temanku.

Akhir kata…

Saya masih melawan kulit kering yang mendadak ini sampai hari ini. Walaupun sekarang sudah agak berkurang tapi ya sudah cukup lumayan.

Akhir kata setelah semua cara di atas yang paling utama adalah berdoa agar selalu diberi kesehatan.

Bagaimana teman-teman apa ada yang pernah punya masalah kulit kering?

Yuk, tulis di kolom komentar bagaimana cara mengatasinya atau ada yang pernah mengunjungi dan merasakan sendiri perawatan di Gloskin Aesthetic Clinic?

30 Comments

  • enny ratnawati

    pasti cemas banget kalau kulit wajah mendadak kering ya kan? ke dokter memang solusinya tapi ya agak susah dimasa pandemi.buat yang mengalami bisa coba tips2 ini ,pasti bermanfaat banget

  • Diaz Bela

    Di daerahku sekarang kalau pagi dingiiiiin sekali. Kulit wajah pun otomatis jadi kering, kulit tanganku bahkan sampai mengelupas mbak! Pas banget nih baca tips dari mbak, terima kasih ya 🙂

    • Firda

      Wah, membantu banget nih buat yang punya kulit kering. Alhamdulillah kulitku bukan tipe kulit kering dan gak gampang kering juga. Kalau kulitku mulai kering, biasanya aku pakai moisturizer yang occlusive buat melembapkan kulitku.

  • Chairina

    sama banget kaya aku. Makan buah jarang karena males ngunyahnya. Hahaha prepare di jus jadinya. Mungkin kulitku kering juga salah satu penyebabnya ini. Harus mulai di rutinin makan buah tiap hari kayanya.

  • Okti Li

    Saya biasanya mengalami kulit terasa kering kalau sepulangnya mendaki
    Cuaca, kekurangan minum, bisa jadi sebagai penyebabnya ya.
    Setelahnya, segera deh saya maksimalkan untuk mengembalikan kelembaban kulit.

  • Shyntako

    Aku biasanya kalo berasa kulit kering lsg alert langsung rajin pake skinker lagi plus ya itu dia kuncinya minum air putih. Untuk pertolongan pertama biasanya ak pake gel yang terbuat dari lidah buaya sih yang efeknya soothing dan melembabkan

  • Leila

    Wah, berarti bisa juga kejadian produk yang selama ini cocok (dalam hal ini tabir surya) tiba-tiba kayak enggak berfungsi dengan baik lagi gitu ya, karena kondisi kulit kita yang juga berubah.

    • ahalona

      Iya Mba saya juga sempet mikir gini, kayaknya kondisi kulitnya lagi gabisa dipakein skinker yg sama tapi tetep aja hajar soalnya ga ada yg lain

  • Lina sophy

    Kalau terjadi tiba-tiba tanpa tahu penyebab jalan terbaik harus periksa ke dokter ya kak… Makan sehat dan banyakin minum air putih itu emang bisa banget menghindarkan kita dari kulit wajah kering.

  • Desri Desri

    tipe kulit ku berminyak tapi sering banget mendadak kering, kering banget malah, biasanya karena perubahan cuaca. solusi paling cepat denan minum air putih yang banyak. kalo ngga langsung gatal gitu mba.

  • Finaira Kara

    Konsultasi ke dokter dulu, itu penting banget ya Mbaa. Soalnya gimana ya, kan kita butuh banget penjelasan dari ahlinya gitu, self diagnose bahaya juga ya

  • Fenni Bungsu

    Daku juga ada bagian kering di deket bibir, cuma biasanya datang karena mau istirahat bulanan. Jadinya kadang inget buat melembabkan sekitar itu, kadang juga malah lupa haha

  • Ratnasari

    Kemarin-kemarin kulitku sempet jadi kering tapi untungnya ga terlalu parah sih mungkin faktor cuaca, solusinya aku penuhi kebutuhan air minumku, pakai sunscreen dan pakai produk yang melembabkan kulit

  • Kak Niken

    Kulit cenderung kering, aku banget ini kak, Dan menyadari bahwa cara terakhir mengatasi kulit kering ini yaitu banyak minum air putih, aku masih sangat jauh dari kata rajin minum air putih. hiksss… harus emangat minum ya

  • Visya

    Ngomongin tabir surya, mengingatkan aku sudah beberapa hari inu ngga pakai tabir surya huhu padahal di dalam maupun ouar tetap direkomendasikan pakai ya

  • Annisa

    Air putih emang kunci banget ya mbak kalau mau kulit sehat. Aku pernah kurang minum air putih, wajah langsung gak fresh deh. Btw, baru tahu kliniknya nih. Udah lama banget jarang perawatan wajah langsung di klinik. Kapan-kapan boleh deh dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *