Blogging,  Random Talk

Mengembalikan mood menulis blog

“Ada tulisan baru apa nih di blog?”

“Kok ga ada tulisan baru sih?”

“Eh, tempat yang kemarin udah ditulis belum mau baca”

“Yee, katanya mau jadi blogger kok ga apdet tulisannya”

Pertanyaan-pertanyaan apakah ini marimar kok banyak sekali? Ada yang suka ditanyain gitu sama temen-temennya juga gak? wkwk. Dasar netijen gasuka banget saya santai-rebahan-enjoy sebentar aja (sombong amat). Pada tau ga sih kalo lagi males gimana? hadeh hadeeeh wkwk.

Ga deh bercanda apalah saya yang nulis blog aja jarang-jarang tapi pengen bisa punya traffic yang bombastis. Mimpi kamu Lon! Makasih untuk semua temen-temen saya yang perhatian turut mendukung kehidupan blog Ahalona ini dengan nanyain terus perkembangan tulisannya wkwkw. Sayang kalian! Yeuuuu

Oke, jadi begini keadaannya…

Akhir-akhir ini banyak kegiatan yang baru mulai dilakuin dan pikiran bercabang kemana-mana. Semisal olahraga walaupun seminggu sekali, jalan-jalan, ngobrol-ngobrol secara langsung sama temen, ya gitu deh ah gausah banyak-banyak contohnya. Alasan guys klasik!

Terus hari ini mulai nulis lagi karena ternyata December is coming to the town! ya pasti bakalan dateng sih. Tahun depan udah 2020, secepat itu tapi saya masih sendiri (curhat). So, di penghujung tahun ini tentu harus apdet tulisan walau cuma satu, biar keliatan 1 month 1 post aja. HA HA HA

Dasar kamu sukanya OOT! (ditoyor netijen)

Cara mengembalikan mood menulis

Sebenarnya ini sulit banget karena ngelawan diri sendiri dan melawan godaan sajian entertainment di internet. Youtube lah, Twitter lah, Hooq lah, apa lah apa lah.

Ya, walaupun gitu kita harus tetap konsisten mengembalikan semangat dan mulai menulis lagi. Banyak hal yang bisa dilakukan, pastinya setiap orang punya cara sendiri-sendiri. Jangan karena saya tulis begini jadi terinspirasi tapi ternyata ga mempan di kalian.

Bacain tulisan lawas

Biasanya kalau lagi stuck atau istilah kerennya writer’s block sebelum tidur saya buka blog sendiri dan bacain tulisan-tulisan sendiri. Cara ini sukses bikin saya semangat lagi, walaupun ujungnya ketiduran.

Dengan ngebacain tulisan lawas biasanya bikin saya introspeksi diri kalau tulisan kurang bagus dan juga mengenang hal-hal yang saya sudah pernah lakukan.

Kalau nemu tulisan yang kurang oke nih langsung buru-buru buka laptop dan edit kontennya saat itu juga. Nah, langsung jadi nulis kan? walaupun ga apdet post baru.

Hal ini juga bikin saya tahu kalau banyak konten yang rusak, semisal gambar yang rusak gabisa ditampilkan, link yang mati, dan juga typo.

Coba aja deh!

Buka blog orang lain/komunitas blogger

Kalau udah kelamaan ga nulis biasanya kemampuan menulis kita langsung berkurang. Ya kayaknya sih ini saya doang ya, kalau udah mulai nulis lagi langsung kekurangan kosakata dan mendadak lupa gimana bikin template tulisan wkkw.

Buka blog orang lain bikin saya jadi pengen ikutan nulis hal yang sama, maksudnya jadi dapet ide. Soalnya ga mood nulis alasannya tuh karena ga ada ide atau karena ga jalan-jalan jadi gabisa tulis apa-apa.

Laporan dari google search console

Hayo, blog kalian sudah diindex ke google search console atau belum? Coba di cek laporan bulannya deh biar semangat. Bulan ini saya menerima laporan performa blog Ahalona oleh google search console isinya alasan pengunjung bisa nyasar ke blog Ahalona ini.

Contohnya konten mana yang paling tinggi viewersnya, keywords yang paling banyak dicari, dan lain-lain.

Konten saya yang paling banyak dicari itu tentang pengalaman kirim hp lewat j&t. Pengalaman sederhana yang ternyata banyak orang yang membutuhkan.

Ini yang bikin saya langsung bikin tulisan ini wkwk. Walaupun traffic blog ini merangkak, saya sudah senang kok karena semua itu butuh proses.

Buka mata ternyata tulisan kita bermanfaat

Pernah ga ketemu orang yang terinspirasi dari blog kita?

Saya pernah hahaha. Baru aja saya tahu, barusan banget. Beberapa hari yang lalu ada salah seorang yang follow akun Instagram saya. Kebetulan akun saya digembok dan agak pilih-pilih menerima permintaan pertemanan toh saya juga jarang posting di Instagram. Maaf ya bukan berarti saya sombong.

Setelah saya cari tahu ternyata beliau adalah orang yang pernah mengunjungi blog saya ini dan menjadikan salah satu tulisan saya menjadi referensi (bukan untuk tujuan ilmiah ya). Maap maap aja nih blog saya isinya ga cuma curhat ya KWKWKWK sombong lagi Astaghfirullah. Sotoy deh tau darimana? Ye saya kan keponya tinggi.

Bukan main saya seneng banget, ga putus rasa syukur saya sama Allah ternyata tulisan saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Walaupun ga semua sih hehehe.

Saya jadi semangat nulis blog lagi dengan konten dan bobot tulisan yang lebih baik! Semangat!


Hmmm… apalagi ya kayaknya udah deh itu aja yang bisa saya bagikan. Hal ini bisa dilakukan kalau (males) ga mood nulis padahal punya ide yang banyak banget. Buat apa kan ada ide tapi gabisa eksekusi.

Tetap menulis dan tetap menginspirasi ya teman-teman. Satu yang perlu kita ingat, sharing itu ga cuma tentang hal yang luar biasa dan serius seperti “Mengapa sedotan besi disebut boros energi?” enggak ga gitu, hal sederhana yang paling sederhana seperti “Pengalaman kirim hp lewat ekspedisi” pun bisa bermanfaat untuk orang lain.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri dan teman-teman yang suka ga mood nulis.

Dasar kamu Lon, kasih tips berasa udah paling bener dan rajin ngeblog aja! –Ampun bang ampun maafkan aku Roma.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!