Blogging

Mengenal elementor pada wordpress

Hai semuanya, ga pake basa-basi nih ya beberapa waktu lalu saya membuat tulisan mengenai website undangan pernikahan yang dibuat dengan elementor dan kali ini saya ingin memperkenalkan apa sih elementor itu sebenarnya. Dijamin gratis, cuma butuh kreativitas dan wordpress tentunya.

Baca disini : Membuat undangan pernikahan dengan elementor

Sebelum tahu apa itu elementor. Ada baiknya kita tahu mengenal istilah landing page. Apa sih landing page? Menurut beberapa sumber di internet landing page itu merupakan halaman statis atau halaman singgah.

Halaman singgah ini biasanya bertujuan untuk online marketing atau iklan. Biasanya digunakan untuk menarik pengunjung untuk melakukan klik ke suatu halaman atau melakukan pendaftaran. Yah, begitu ya sepertinya. Kalau semisal salah bisa loh komen di bawah heheh.

Kalau kalian pernah berkunjung ke sebuah situs/blog dan melihat tampilan pertama mereka yang ciamik, bersih, elegan, enak dilihat meskipun tanpa banyak judul tulisan dan cenderung singkat tapi bisa mengarahkan kita untuk mencari tahu lebih lanjut tentang blog tersebut maka itulah yang disebut landing page.

Pertama kali lihat landing page (ga tau sebutannya pada jaman itu) itu di blognya mbak Dyane Dorothy. Pas pertama buka, saya langsung tercengang terheran-heran kok halaman pertama blognya kece banget, to-the-point dan ga rame. Bikin saya tinggal klik A kalau mau tau tentang A dan klik B untuk tau tentang B.

sekarang tampilannya sudah ga gini lagi

Ada beberapa blog juga sih yang waktu pertama kali buka saya langsung kagum, bener-bener memanjakan mata. Cuma sekarang udah lupa wkkwwk.

sumber : elementor dot com

Jadi, apa itu elementor?

sumber : websites elementor by wordpress

Elementor adalah plugin untuk wordpress yang digunakan untuk membuat page khusus dengan tampilan menarik hal ini mempermudah kita untuk membuat tampilan website tanpa membutuhkan kemampuan khusus dan tanpa perlu bisa bahasa pemrograman.

Menggunakan elementor memudahkan kita untuk membuat layout yang dinamis, hanya perlu drag & drop.

Apa saja yang bisa dibuat dengan elementor?

Selain bisa membuat landing page, elementor juga bisa digunakan untuk membuat halaman about, disclaimer, informasi mengenai website dan halaman lain sesuai kebutuhan masing-masing. Bisa juga dibikin undangan pernikahan seperti yang saya buat.

Bagaimana cara mendapatkan elementor?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke dashboard wordpress anda kemudian mengunduh plugin elementor melalui menu Plugins -> Add New -> ketik Elementor pada kolom pencarian -> Install Now -> Activate.

Mohon maaf belum sempat update versi terbaru.

Cara menggunakan elementor

Setelah melakukan pemasangan elementor. Maka saat akan membuat tulisan baru akan muncul menu editor elementor seperti berikut.

Perhatikan menu biru di atas judul

Cukup klik menu biru di atas dan kalian akan bisa langsung menggunakan elementor dengan mudah.

halaman editor elementor

Cara menggunakan elementor cukup dengan memilih salah satu menu yang ada di bagian kiri atau dengan drag & drop. Bagi yang belum memiliki ide untuk tampilan halaman seperti apa yang bagus bisa menggunakan template yang sudah disediakan oleh elementor.

Terdapat 2 jenis template, yang gratis dan berbayar. Biasanya yang berbayar itu lebih bagus susunannya hahaha. Namun, untuk personal blog dengan menggunakan template gratis pun sudah cukup.

pilihan template halaman yang tersedia

Bagi kalian yang hanya perlu bagian menu/informasi yang terpisah untuk membuat template, bisa pindah ke menu Blocks untuk menemukan menu-menu satuan seperti FAQ, peta lokasi, deskripsi anggota dan lain-lain.

Gimana menarik dan terlihat cukup mudah kan? Cocok banget bagi pemula menggunakan elementor biar terlihat kece blognya. Waktu kali pertama saya mencoba elementor itu kesannya keren dan agak sedikit berat saat loading ketika akan mengedit suatu block.

Hanya saja kecepatan loading itu relatif deh kayaknya sih karena laptop saya sudah berumur dan internet yang agak kurang mantap.

Bagaimana tertarik membuat halaman atau tulisan dengan elementor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!