Random Talk

Cerita membuat halaman undangan pernikahan dengan elementor bagian 1

Selamat April semuanya, ga kerasa udah lebih dari sebulan ga nulis di blog. Biasalah serangan drama korea dan film series membabi-buta akhir-akhir ini wkwkwk. Lalu, inilah postingan saya tentang bagaimana awalnya saya membuat undangan pernikahan dengan elementor. Semoga bisa jadi alternatif undangan hand made with luv untuk pernikahan teman-teman atau orang terdekat hehehehe.

ini bukan sebuah tutorial

Maret lalu sahabat baik saya, teman curhat dan teman melakukan hal-hal yang gatau malu alhamdulillah sudah dipersunting oleh laki-laki yang ditakdirkan untuknya. Sebelum itu, dia minta untuk dibuatkan undangan pernikahan versi web.

sumber : pixabay

Katanya sih biar lebih menjangkau kawan-kawan yang jauh. Secara kayaknya undangan fisik itu udah jarang dipakai para milenial wkwkwk. Kalau bisa jadi beda, kenapa harus sama? aszek.

Ternyata biaya membuat undangan web itu lumayan juga ya, bisa nih kayaknya dibisnisin wkwkwkwk. Padahal kalo diamati dengan kekuatan bulan kok kayaknya undangan nikahnya itu cuma web biasa yang pake landing page.

Akhirnya saya yang tingkat kesotoyannya tinggi ini menawarkan diri untuk bikin, tapi jangan berharap terlalu lebih karena saya amatir dan ini dibuat dengan biaya 0 rupiah. Cuma butuh koneksi internet dan keinginan kuat wkwkw. Kepercayaan sahabat adalah koentji!

Karena ini dibuat dengan modal 0 rupiah berarti harus memanfaatkan segala media yang gratis juga. Contohnya platform pembuat blog/websites yang gratis dan ga terbatas. Hal yang menjadi perhatian utama saya, tampilannya nanti harus terlihat elegan dan bersih juga wangi. Saya langung teringat akan elementor, yang sering dibahas di grup telegram wordpress katanya cukup baik dalam membuat halaman web.

elementor yang buat saya jadi keliatan hebat secara instan wkwkwk

Enak banget bikin halaman web dengan elementor, tinggal drag and drop. Efek transisinya juga banyak dan disertai dengan template untuk berbagai macam jenis websites kita. YANG PALING OKE ITU kita ga harus menguasai bahasa pemrograman. Duh, enak banget dehhhhh buat pemula macam saya ini.

Akhirnya saya memutuskan membangun websites dari wordpress.org tentunya agar websites tersebut bisa mencoba banyak template dan bisa saya utak-atik sesukanya (padahal emang biasa pake wp aja). Kemudian pakai domain dan hosting gratisan dari 000webhost. Kekurangan menggunakan hosting gratisan itu terletak pada link websites yang ada embel-embel 00webhostnya wkwkwk. Mantap betul jiwa gratisan saya ini!

yang gratis dulu sebelum dibisnisin wkwkwk

waduh, nanti panjang dong link webnya?

Tenang sahabat, bisa kita persingkat pake bit.ly wkwkwk

Tampilan halaman elementor

sekilas halaman editor elementor

Di bagian kiri adalah peralatan untuk menambahkan berbagai fungsi, seperti teks, gambar, video, dan lain sebagainya.

Karena ini halaman web pertama yang saya buat menggunakan elementor tentunya banyak rasa kagok, rasa pening ketika apa yang saya buat kok gabisa di save dan lain sebagainya. Maklum maklum ya apalagi kalo sahabat saya minta dibikinin yang kayak beredar di instagram waduh makin pening tujuh keliling. WKWKWK.

Apa sih keuntungan buat undangan nikah web sendiri? Pertama, bisa diedit sesuka hati, ga ada batasan edit sekian kali. Kedua, terasa puasnya karena dibuat dengan tangan sendiri dengan penuh cinta. Terutama untuk saya yang ga tau mau kasih apa untuk sahabat saya ini selain menggunakan sedikittttttt kemampuan yang saya tahu.

Kekurangannya, beberapa fitur yang kece gabisa digunakan karena harus bayar. Plugin gratisan ga bisa memenuhi ekspektasi keindahan saya dan sahabat saya wkwkwk. Tapi ya pasrah karena memang nggawe dewe. Apalagi domain yang kurang kece ada embel-embel hosting gratisan, bikin tambah ga enak diliat. Kan enak ya kalo cuma akunikah.com atau undangan(nama-pengantin).com. Yak! gpp wong bikin yang ekonomis.

Oke cukup sekian terimakasih yang sudah mau baca sampai ahir dan maaf ya semuanya, isi postingan ini ga nyambung atau ga jelas karena memang untuk berbagi cerita aja wkwk. Untuk tutorialnya akan saya posting di part kedua.

Mana nih hasil undangannya?!

Tenang! sabar! bisa dilihat disini ya

Undangan web pertama saya

Bagaimana lumayan kan hasil undangannya? walaupun masih kurang elegan hehehehehhe tunggu tutorialnya yaaaaaaa. See you!

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *