Blog Competition,  Random Talk

Ingin sehat tapi jarang olahraga, bisa ga ya?

Apakah ini seperti kiasan mau sukses tapi tak mau berusaha?

Saya beri kamu satu permintaan | Pengen sehat tanpa olahraga Mimpiiiiiiiiiii….

 

Bener ga sih kalau sehat itu identik dengan rajin olahraga? Kalau gitu saya ini adalah orang paling ga sehat soalnya males olahraga. Niat sih ada untuk jogging pagi, tapi apa daya niat hanya niat berlalu begitu saja. Ga bisa dipungkiri, olahraga itu penting terutama membakar lemak yang ada dalam tubuh. Keringat juga pengen keluar dari badan. Tapi balik lagi banyak tapi-tapi-tapi-tapinyaaaaaa.

Sekarang saya masih muda, alhamdulillah saya tidak punya keluhan sakit apapun dan merasa sehat-sehat saja kecuali dompet yang kadang agak meriang masuk angin. Entah kalau nanti umur saya makin bertambah dan ga punya tabungan olahraga. Sehat itu mahal bukan saudara-saudara.

Bagaimana kok bisa jarang olahraga bahkan ga pernah bisa ngerasa sehat-sehat aja? jangan-jangan halu lagi nih. Enggak kok saya ga halu, beneran saya jarang olahraga.

Penyakit adalah hasil, tidak hanya dari tindakan kita tetapi juga dari pikiran kita. – Gandhi dalam bukunya A Guide to Health (Rahayu, 2017)*

Berdasarkan kutipan di atas, dalam bukunya Mahatma Gandhi menuliskan bahawa penyakit itu bisa muncul karena pikiran kita sendiri. Ketika sedang pusing dengan masalah pekerjaan, badan kita ikutan ngedrop, kepala pusing nafsu makan berkurang, akhirnya berat badan turun. Jadinya apa? sakit.

Lalu, apa sih yang bisa kita lakukan untuk sehat?

Pikiran

Hal ini yang menjadi acuan saya, sebisa mungkin jangan terlalu membebani pikiran dengan hal-hal yang berlebihan. Bukan berarti ga berpikir ya, haduhhh tapi lebih mengontrol diri sendiri untuk tidak berlebihan. Otak bisa mengirimkan sinyal ke anggota tubuh yang lainnya bahwa kita sedang panik. Coba selalu berpikiran positif.

Minum air putih

Walaupun jarang olahraga saya mendukung gerakan minum air putih banyak-banyak. Ingat kodrat tubuh manusia 70%nya adalah air. Kalau sampai dehidrasi ga enak banget. Terutama kalau seharian tubuh kita duduk terus, harus banget minum air putih. Sebisa mungkin saya menghindari air minum yang memiliki rasa kecuali kepepet.

Kontrol pola makan

Hal ini berlaku bagi semua orang, tidak hanya bagi yang sedang diet. Sebisa mungkin saya mengurangi makan jeroan atau makanan berkolesterol tinggi, makan manis-manis, dan mengurangi yang terlalu asin. Ini efek ibu saya yang mensugesti untuk melakukannya. Sesekali sih tidak apa, tapi kalau keseringan bahaya juga. Efek jangka panjang pada tubuh.

Makan tidak tepat waktu juga berpengaruh terhadap kesehatan. Biasanya kalau telat makan bisa mengakibatkan pusing.

Hindari bergunjing

Sehat ala saya selain pikiran juga harus jaga jarak dengan gunjing-menggunjing. Kalau kita punya penyakit hati (bukan hati sebenarnya) bisa bahaya, selain menyakiti hati orang lain bisa menyakiti kehidupan kita yang tenang dan damai. Ini faktor lain kadang saya merasa tidak sehat hahhaha…

Yang terakhir, tidur teratur

Ga ada penjelasan tentang ini, rasanya kalau tidur ga teratur atau begadang ya ampun kepala berat hidup bak zombie.

Kayaknya cuma segini yang saya tulis. Ini aja nulisnya H+ berapa hari molor dari jadwal, kembang-kempis degdegan ga kekejar. Baru sadar ternyata tulisan saya ini semrawut macem nulis hanya menggugurkan kewajiban wkwkwkwk.

btw resolusi saya 2019 itu OLAHRAGA!

Sehat itu seperti apa sih? Gimana beneran bisa ga ya dengan beberapa cara di atas bikin kita tetap sehat?

 

 

Referensi

*Rahayu, 2017. http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/6815/3088

 

 

 

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Perempuan Network #BPN 30 day challenge 2018.

3 Comments

  • Tuteh

    Betul sekali Kak. Saat ini saya juga ngedrop gara-gara kurang tidur hehe. Mana pula musimnya. Tapi kalau mau sehat sih memang setidaknya sehari bergerak 30an menit. Entah dengan jalan kaki, atau dengan menari sendiri di kamar lumayan buat bakar lemak hahaha

    • ahalona

      Iya efek cuaca ya mbak, ini orang serumah juga batuk pilek gffft
      OIya lupa saya tulis makasih mbak tambahannya, stretching sendiri emang penting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *