Blogging

Catatan Akhir Blog 2018

Thank to Pixabay. Gambarnya ciamik.

Kalau anak sekolah punya CAS (catatan akhir sekolah) maka saya punya CAB (catatan akhir blog) maksa banget ga sih wkwkkw.

Selama ngeblog di 2018 adalah masa paling manis dan gurih. Blog ini saja umurnya belum genap 1,5 tahun masih merangkak biar bisa bikin konten yang bagus, syukur kalau page viewnya naik 100x lipat dari awal buat. Agak mimpi sih ya namanya juga harapan hehehe. Kalau boleh saya akan ceritakan secara kronik ya (berurutan) tapi cuma bulan-bulan tertentu aja yang ada hal kerennya walaupun dikit wkwk.

Cerita bulan ke bulan

Awal tahun – Februari 

Awal tahun ngeblog di 2018 tentunya saya absen. Bener-bener dari Januari sampai Februari ga bikin tulisan apapun. Kayaknya mah waktu itu lagi kena gejala males dan kurang motivasi. Eh enggak! waktu itu saya terlena karena salah satu tulisan saya bisa mendorong page view sebanyak 200 tayangan per hari. Wah gelaaaaa bener itu sebuah pencapaian tersukses dalam hidup ngeblog saya WKKWKW. Jadi lah saya cuma ngecek dashboard aja sampe gempor wkwk.

Maret

Masuk ke bulan Maret saya sudah mulai konsisten setidaknya ngeblog 1 bulan 1 blog post. Waduh, sulitnya bukan main guys, ada aja alasan ga nulis contoh gapunya ide, males, capek, lapar, dan banyak lagi pokoknya bisa post 1 tulisan aja udah luar biasa bangga. Mudah puas banget anaknya tuh KWKWKWKW. Alhamdulillah pada Maret saya posting 4 tulisan (seka air mata pakai baju).

April – Juli

Pada bulan ini saya menunjukkan konsistensi ngeblog 1 bulan 1 blog post. WKWKWKWKWK. MANTAP! Isinya juga gado-gado dari mulai bahas buku, review liptint, ceritain pengalaman kena tilang motor, dan cerita pengalaman kursus jait (sampe sekarang kursusnya belum selesai guys karena banyak bolosnya doain saya ya hiksss). Sampai pada tahap ini saya masih pakai wordpress gratisan.

Saya ulangi lagi sampai bulan Juli blog saya masih beralamatkan ahalona.wordpress.com dengan tampilan template yang gajauh beda sama sekarang. Anaknya susah move on.

Agustus dengan domain blog baru

Agustus adalah titik awal saya ngeblog dengan sungguh-sungguh beserta niat dan tekad bulat. Disini saya mulai yakin kalau minat saya adalah menulis, tentunya nulis blog gado-gado seenaknya sendiri wkwk. Hadir dengan nama baru ahalona.com membuat saya memiliki harapan baru mengarungi bahtera kehidupan bersamamu. Yaelahhh galau!

Disini gurih saya rasakan, semenjak ganti domain pengunjung harian jadi turun daratista duh maksudnya drastis dan saya belum bisa mengembalikan jumlah pengunjung seperti sedia kala. Galau!. Ndak apa yang penting fokus ke tulisan yang bagus dulu.

Bulan ini juga saya bergabung dengan komunitas blog, mulai belajar SEO, mulai ngerti ngeblog yang baik itu bagaimana. Mulai suka bacain blog orang, awalnya mah boro-boro biasanya cuma bacain blog sendiri doang dengan harapan jadi nomor 1 di halaman google wkwk. Mimpi lagi!

Pertama kali ikut kompetisi blog juga di bulan ini, walaupun ga menang seenggaknya pernah nyoba hihihi.

Alhamdulillah Agustus diisi dengan 6 postingan.

Bulan selanjutnya mengalir

Kemudian September, Oktober, November, Desember dilalui dengan biasa-biasa saja. Sempat ikut kompetisi ngeblog selama 30 hari periode November-Desember tapi bolos di tengah jalan karena susah banget ngumpulin ide buat nulis suatu tema. Alhasil, saya mogok di tengah jalan bak sepeda rantainya putus. Salut sama kawan-kawan yang tuntas 30 hari. Mudah-mudahan bisa ada kesempatan lagi tahun depan, mudah-mudahan sih ga pake mogok hihi.

Arsip selama 2018, mohon maap yang 2017 kebawa wkkw

DA & PA

Cek melalui checkmoz.com

Walaupun belum ngerti banget fungsi dan kegunaanya, semenjak rajin nulis angka DA dan PA saya ikutan naik. Seneng aja gitu rasanya makin besar angkanya berarti domain saya sudah semakin kuat hihi.

Kalau dipikir sih kisah ngeblog saya ga ada apa-apanya dibanding yang lain, karena sampai tahun ini saya masih berjuang keras melawan diri sendiri, melawan rasa malas. LAWAN! tapi setidaknya blog saya sedang bertumbuh ke arah yang saya juga belum tahu arahnya (apasih) hahaha. Cukup sekian kisah Catatan Akhir Blog 2018 versi Ahalona. Eh apa diganti aja jadi Catatan Akhir Ngeblog? Ah sudah-sudah sama aja bikin capek yang baca aja!

Semoga tahun depan, 2019, bisa mempertahankan yang sudah dibangun dan mampu meningkatkan lagi terutama dibagian menulis dan berbagi informasi. Heeeeeem kalau bisa ya harus bisa, gaya penulisan saya bisa lebih bagus lagi biar ga bosan dibaca gitu loh. Mari sama-sama berjuang!

Gimana nih catatan akhir blog teman-teman?

9 Comments

  • Edina

    Ya ampun.. apakabar aku yg baru 7bulan ngeblog. Masih bayi banget. Masih perlu belajar. Bener mbak ada kalanya otakku kurang jalan2 jadinya stuck nggak ada ide. Tp kalo udah gini biasanya suamiku yg ngasih ide, cerita, bawain film, ngajak jalan2. Setidaknya setelah jalan2 bentar disekitar rumah bisa nambah inspirasi.

    • ahalona

      ga apa mbak, saya juga baru mulai kok kita belajar sama-sama mbak hihihi
      enaknya ada yang kasih ide, jadi saling membantu ya mbak. Emang kalau lagi mentok itu wassalam deh mbak harus cari inspirasi hiburan dulu biar fresh, cara suami mbak ngajak jalan2 sm bawa film memang debesttttttt jadi ingin hahaha

      • Edina

        Pokoknya sering2 aja ngobrol atau mendengar obrolan temen. Kalo aku karna rantauan, paling mentok temen ya tetangga (tapi mereka sibuk bekerja). Sehari hari momong anak. Temen buat nyari inspirasi ya suami, kalo nggak cari bahasan di twitter.

  • Ajeng Veran

    Ini sudah pencapaian luar biasa. Saya pun susah kalau harus seminggu satu artikel, apalagi sehari satu artikel macam tantangan kemarin itu. Hihi…

    Yang penting bagi saya, tetap menulis sepenuh hati dan niat, karena kalau rajin nulis tapi isinya nggak niat jadinya malah kurang sip. 😀

    • ahalona

      Terharu di bilang pencapaian luar biasa T-T Makasih mbak ajeng, tantangan kemarin itu memang luar biasa

      Waduh bener banget mbak, nulis tanpa niat dan hati kurang sip kayak ada yang mengganjal gitu deh makanya saya sebisa mungkin meluruskan niat nulisnya itu untuk apa hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *