Blogging

Blog 101: kumpulan pertanyaan seputar dunia blog

Blogger amatiran yang jarang ngepost akan bergaya menulis beberapa pertanyaan yang dikeluarkan oleh orang-orang yang ingin memulai blog. Pertanyaan yang akan saya tulis seringnya ditanyain langsung dan juga pertanyaan sederhana yang dulu saya keluarkan sebelum punya blog.

Memang saya ga pro, nulis konten aja masih acak-acakan story tellingnya tapi saya akan coba tuangkan serinci mungkin dan semudah mungkin. Oke langsung aja tanpa banyak ba-bi-bu.

Ekhem… ekhemm…

Gimana sih caranya punya blog? Ajarin dong!

Innamal a'malu binniyat. Semua itu harus diawali dengan niat, kalau niat pasti semua bisa dilakukan di Google banyak jawabannya kalau mau cari. Eh gak deh saya ga bakal bilang suruh cari Google. Setelah punya niat, lalu tanya tujuan kalian buat blog itu untuk apa misal untuk sekedar curhat, review produk atau blog portofolio kerjaan. Hal ini penting untuk menentukan platform apa yang cocok untuk tujuan kalian.
Setelah itu gampang, tinggal daftar ke platform yang dituju menggunakan email dan blog anda jadi.

Mendingan bikin di Blogspot atau WordPress?

Nah, ini dia! Sesuaikan dengan tujuanmu, saya kadang bingung kalau ada pertanyaan seperti ini karena semua platform membuat blog itu bagus tergantung bagaimana kita sebagai admin dan author bisa mengembangkan blog kita. Saya pernah coba keduanya dan bahkan WIX juga saya pernah coba walaupun hanya bantu edit hehe. Sungguh ga menjawab sekali jawaban saya kan hahaha. Lagi pula untuk membuat blog/websites itu platformnya buaaaaaaaaaanyakkkkkk banget cuma yang familiar dipakai ya dua itu.

Kalau ingin tampilan yang clean dan rapi ya WordPress terbaik, karena tinggal klik-klik aja pilih tema. Blogspot harus bisa sedikit dasar HTML untuk memudahkan hidup misal pasang tema, dan lain-lain.

Kalau kedepannya kalian ingin monetize blog (pasang iklan dari Google, dll) Blogspot biayanya lebih murah karena ga perlu hosting cukup sewa domain aja karena hostingnya gratis dari Google. Sebaliknya, WordPress jajannya lebih mahal karena harus sewa hosting juga.

Pilih yang gratis atau yang bayar ya? Kalau bayar tuh bayar apa sih?

Balik lagi ke niat, kalau hanya untuk iseng belum tahu konsisten menulis atau ga.. ya lebih baik yang gratisan aja dulu. Soalnya sayang udah bayar eh ga konsisten nulis (ngomong sama diri sendiri). Nanti kalau sudah konsisten dan dapet nih feel blogger sejatinya baru deh order domain pribadi. Kadang saya aja masih merasa eman bayar sewa buat blog ini gara-gara belum balik modal (eh) hahahhaa canda.

Bayar itu kalau mau punya domain milik sendiri contoh ahalona.com kalau gratisan alamatnya ahalona.blogspot.com/ahalona.wordpress.com.

Alamat blognya apa ya? Kasih saran dong!

Sulit, ini yang tersulit. Saran saya sih kalau mau punya blog yang umurnya lama dan niat untuk diseriusin ya pilih nama blog yang singkat padat dan jelas. Hal ini bertujuan agar alamat blog kita mudah diingat dan gampang ditemukan kembali.

Bisa sesuai nama pemilik blog seperti saya Ahalona, karena nama saya Lona. Ambil bagian nama yang menurut kalian gampang diingat orang lain. Bisa juga sesuai dengan isi blog tersebut misalkan jalanjalankenai yang isi tulisannya tentang jalan-jalan semua.

Hindari nama yang sulit dan terlalu pangjang misal duniakubersamakamuselamanya, travelkesanakesiniajayuk, kekelalabirazh. Nulisnya aja saya udah pusing.

Blognya udah dibikin nih, selanjutnya apa nih?

Biasanya saya jawab yaudah langsung nulis aja. Baru saya kepikiran, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tema. Plis banget pilih aja tema yang sederhana dan rapi, jangan pakai tema yang terlalu berwarna dan format huruf yg sulit dibaca. Kenyamanan pembaca itu nomor satu walaupun belum tau siapa yang akan baca tapi kedepannya pasti banyak yg berkunjung.

Kedua, atur deskripsi di halaman "Tentang Saya" atau "About" karena cukup penting memperkenalkan diri agar lebih dekat dengan pengunjung blog.

Gimana cara nulisnya?

Jadi, tinggal ke menu tulisan atau post lalu tulis aja yang mau kalian tulis. Sampai sekarang pun saya juga ga menulis sesuai kaidah blogger yang benar dan belum sesuai SEO. Ga usah memusingkan sesuatu hal yang bisa dipelajari.

Kemampuan menulis bisa improve dengan semakin banyak kita menulis. Learn by doing.

Ngeblog dapet duit ya?

Ya ampun kadang pengen ketawa dan menangis secara bersamaan kalau denger pertanyaan seperti ini apalagi kalau baru berkunjung ke blog saya karena saya belum menghasilkan cuan sama sekali. Hiks T-T

Blog bisa menghasilkan uang kalau sering menang lomba blog yang berhadiah, dipasang Google Adsense kemudian trafficnya banyak dalam sehari, kerjasama dengan sebuah brand dan menulis konten berbayar.

Hal ini bisa didapat kalauuuuuuuu rajin menulis, mau belajar menulis yang bagus, dan mau-mau yang lain. Oiya biasanya juga yang dapat penawaran nulis konten itu blognya sudah punya alamat domain sendiri bukan gratisan istilahnya Top Level Domain (TLD), trus DA/PAnya sekian (dibahas nanti), umur blog sekian, dan lain-lain. Pokoknya banyak deh!

Gimana caranya blognya rame pengunjung?

Pertama-tama, kita harus rajin promosi bisa ke sesama teman atau lewat sosial media. Pokoknya jangan malu buat share blog baru kita hehehe. Kalau saya sih jarang promosi udah gitu jarang nulis makanya sepi.

Tulis sesuatu yang menarik, misal ulasan sebuah produk atau suatu tempat. Biasanya yang berdasarkan pengalaman pribadi itu sering banget dicari di Google. Oiya berbagi 'tips dan trik' juga rame banget dan manfaat banget nih.

Buat tulisan yang tahan lama, karena kalau kita menulis sesuatu yang sedang trend saat itu ya tulisan kita akan mejeng saat itu doang. Soalnya udah basi kalo dibaca di tahun selanjutnya.

Gabung ke komunitas blogger. Biasanya diadakan blog walking (berkunjung ke blog lainnya) gunanya memperkenalkan blog kita dan bisa belajar dari berbagai gaya tulisan yang berbeda. Selain itu biasanya komunitas juga menyediakan diskusi mengenai tips ngeblog dan kondisi blog terkini.

Hmmmm… apa lagi ya pertanyaannya? Kayaknya baru ini deh yang saya ingat. Nanti akan saya update secara berkala kalau ga lupa. Sebenarnya kalau ditanya langsung saya ga sedetail ini maaf ya teman-teman yang bete karena saya jawabnya singkat, soalnya kadang bingung juga Hehehe… See you di postingan selanjutnya!

3 Comments

  • Ella

    wah noted nih kl ada yang bertanya seputar blog lagi bisa ku kasih link artikelmu ini ya mbak. hhh
    soalnya yg nanya nggak cuma 1 atau 2, tp banyaaaakkkkk.. kan blsin satu2 dg jawaban yg sama capek juga, xixixi

    • ahalona

      I feel you mbak hahahaa saking sering ditanya malah jawabnya suka beda-beda
      Tapi ilmu bagus disebarluaskan jadi amal hhe

  • Nisa. M

    Temenku ada yg baru aja bikin blog. Dan sempet nanyain juga apakah kalau ngeblog bisa dapet uang? Aku rada bingung jawabnya waktu itu, baca jawaban dari mba lona, membantu aku nih buat ngasih tau ke temen hehe. Thanks for sharing mba! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!