Book

Tak kehabisan buku cerita bersama Let’s Read!

Halo semuanya, apa kabar? Semoga selalu sehat di situasi seperti ini dan tetap di rumah aja ya.

Ngomong-ngomong tentang di rumah aja, saya khawatir kalau anak kita, adik kita, anak tetangga, atau keponakan-keponakan kita yang diwajibkan untuk belajar di rumah jadi kekurangan bahan bacaan di situasi saat ini.

Beberapa orang di whatsapp membagikan buku online yang bisa diunduh dengan gratis, entah dari mana sumbernya tersebar begitu saja. Kadang saya berpikir apakah boleh mengunduh seperti ini karena sepertinya ilegal (buku elektronik bajakan). Hmm… mungkin aja enggak sih. Duh… gimana sih Lon!

Oke baik, daripada saya nyinyirin kemudian dihujat karena macem ga punya solusi jadi saya akan berikan rekomendasi bahan bacaan untuk anak-anak jenjang TK-SD kelas 3, dijamin legal dan gratis, juga bisa dicetak sesuai kebutuhan. Kenapa hanya sampai kelas 3? Berdasarkan beberapa buku yang saya baca di situs ini sepertinya memang cocok untuk anak-anak kelas kecil, karena bacaannya yang singkat dan didominasi gambar. Nanti akan saya tulis lagi deh referensi sumber bacaan untuk anak kelas besar.

Sumber : websites Let’s Read Asia

Yak! situs untuk membaca buku cerita yang saya tuliskan sebelumnya adalah Let’s Read! Asia. Let’s Read adalah perpustakaan digital yang dipersembahkan oleh komunitas literasi dan The Asia Foundation. Tujuannya untuk membudayakan kegiatan membaca pada anak sejak dini.

Nah, maka dari itu di Let’s Read kita bisa mencetak buku cerita yang kita butuhkan. Hal ini karena ada beberapa kegiatan yang tidak mungkin membacakan cerita dengan media ponsel atau laptop. Contohnya saat bercerita / membaca nyaring di depan anak-anak.

Buku yang terdapat di Let’s Read jumlahnya ratusan dan dengan berbagai macam bahasa. Tolong dicatat ya sekali lagi dengan berbagai macam bahasa. Pertama kali buka websitesnya saya seneng banget karena anak-anak juga bisa belajar bahasa lain dari banyak cerita yang tersedia.

Tampilan utama websites Let's Read Asia
Sumber : websites Let’s Read

Bahkan bahasa daerah Indonesia aja ada, seperti Bahasa Jawa, Bahasa Minangkabau, dan Bahasa Sunda. Benar-benar sebagai penggiat literasi gadungan saya merasa terharu ada perpustakaan digital sebagus ini.

Pilihan bahasa
Pilihan level
Tema cerita

Bahan bacaan juga bisa kita sesuaikan dengan yang kita inginkan, selain bahasa kita juga bisa mengubah level buku cerita, semakin besar levelnya maka semakin banyak kalimat yang terdapat pada satu halaman. Tentunya kita yang paling tau sudah sampai mana kemampuan membaca anak-anak kita.

Tema cerita juga bisa kita tentukan, saya biasanya menyukai cerita tentang penyelasaian masalah karena biasanya ceritanya berisi tentang masalah yang terjadi di lingkungan anak-anak seperti rebutan mainan, dan lain sebagainya. Selain jadi gemar membaca juga penting untuk anak-anak mengetahui makna dari sebuah cerita.

Selain bisa diakses melalui browser baik ponsel dan dekstop, Let’s Read juga bisa diunduh melalui playstore dan appstore tergantung kenyamanan pengguna.

Contohnya berikut ini, saya membaca buku “Harus Bisa” melalui aplikasi android. Cukup dengan klik tombol Baca maka kita sudah bisa membaca buku tersebut dengan nyaman.

Tampilan aplikasi Let’s Read pada android
Halaman utama buku terdiri dari sinopsis
Selamat membaca!

Setiap halaman buku disertai dengan ilustrasi yang bagus, agar tidak bosan dan mudah dimengerti oleh anak-anak.

Bukunya bisa dicetak?

Tentu saja bisa, bukan untuk dijual ya melainkan dicetak untuk kebutuhan membacakan cerita kepada anak-anak. Selain itu buku bisa diunduh dengan format pdf dan epub.

Kalau kalian pernah baca buku terbitan Litara Foundation berarti kalian membaca tulisan yang tepat. Beberapa koleksi buku yang ada pada Let’s Read telah diterbitkan oleh Litara.

Tetap di rumah aja tapi jangan putus membaca. Buku-buku yang tersedia di Let’s Read memang tidak berbayar tapi jika kalian ingin berdonasi untuk terus mengembangkan minat baca anak-anak bisa juga, namun jika belum ada dana untuk turut berkontribusi dengan donasi ada cara yang lain.

Yap! dengan membantu menerjemahkan buku-buku Let’s Read dari-dan-ke Bahasa Indonesia, atau juga ke bahasa daerah.

Selamat membaca! sebarkan kebaikan jangan putus di kamu.

DOWNLOAD untuk Android disini :

Informasi lebih lanjut kunjungi :
Instagram : @letsread.indonesia
Websites : Let’s Read

13 Comments

    • ahalona

      Terima kasih Mbak Alfa sudah berkunjung. Semoga bacaan di Let’s Read disukai si kecil ya Mbak biar ga bosan.
      Bisa banget untuk dongengin, bisa diprint atau dibaca melalui ponsel. Selamat membaca πŸ™‚

      • Okti Li

        Wah informasi bagus nih. Terimakasih ya. Bisa nambah bahan bacaan anak di rumah. Iya selama belajar di rumah saja jangankan ank, ibunya saja sudah mulai kehabisan gaya nih hehehe… Adanya tambahan koleksi bacaan bisa bikin hari makin semangat lagi

  • Visya Al Biruni

    Waah tengkyu informasinya Kak. Sangat berguna buat aku dengan anak batita, hehe. Apalagi boleh dicetak. Aku jujur aja baru tahu aplikasi ini.

  • Riesranty

    Alhamdulillah, masa-masa swa-karantina dengan anak terbantukan nih dengan perpustakaan digital seperti ini, bisa dicetak pula

  • Firda

    Wah, kok asik ya mbak. Aku juga suka loh sama tampilan dan pilihan bukunya. Kayaknya kalo gabut, aku bakal instal ini biar jiwa anak-anakku terpuaskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *