Bolehbaca start up pendidikan
Book

Boba di bidang pendidikan itu situs Bolehbaca.com

Apaan sih nih Boba? Boba yang bulet-bulet manis bikin kenyang di minuman itu? Eitsss tolong hilangkan gambaran boba minuman itu dari pikiran kalian.

Boba dari tepung beras itu yang bikin tubuh kita ga sehat karena kebanyakan gula, kalau ini Boba spesial yang menyehatkan otak dan menambah pengetahuan terutama menjadi salah satu start up pendidikan. Boba ini adalah singkatan unik dari Bolehbaca dot com.

Logo bolehbaca.com
Logo Boba, logonya aja buku. Kebayang kan gimana sehatnya untuk otak kita?

Intermezzo…

Waktu usia SMP saya itu anak rumahan jarang main tapi mimpi punya banyak buku untuk dibaca, setiap ada uang dan kesempatan pasti saya pengen banget ke toko buku. Tapi, ternyata waktu itu sepertinya latar keluarga bukan yang memiliki pemahaman membaca buku fiksi itu kurang bermanfaat.

Jadi, daripada beli buku fiksi lebih baik uangnya ditabung untuk keperluan lain. Sedih? Sedih bangettt apalagi saya masih sangat muda belum ngerti kenapa kok saya ga boleh baca buku fiksi.

Pernah sekali saya beli novel yang saya ingat banget judulnya bahkan saya baca berkali-kali sampai bukunya lecek. Itu karena saya ga punya buku lain untuk dibaca hahahaha. Kalau ingat jaman itu sedih tapi lucu. Kenapa kok dulu ga kepikiran pinjem di perpustakaan sekolah ya? Oke cukup kilas baliknya!

Nah, dari sedikit intermezzo di atas kebayang ga apa sebenarnya BolehBaca ini?

Note : Sedikit penjelasan ya, seterusnya saya akan menyebut Bolehbaca.com menjadi Boba, agar lebih ikonik.

Apa sih Boba?

Yaudah deh saya ulangi lagi ya. Jadi, Boba adalah singkatan dari sebuah situs yang bernama BolehBaca. Situs ini mengusung konsep marketplace untuk pinjam-meminjam dan jual-beli buku yang murah dan dijamin aman dan nyaman. Sama kayak percaya ke keluarga sendiri deh.

Hal ini bisa membantu anak-anak yang memiliki latar belakang seperti saya lebih mudah aksesnya untuk meminjam buku yang mereka belum mampu beli.

Kalau dipikir-pikir dulu juga ada sih toko rental komik. Jadi, mungkin si Boba ini bentuk pengembangan rental komik versi modern dan lebih luas jangkauannya. Bisa juga bentuk modern dari perpustakaan, lebih tepatnya sarana bagi pemilik perpustakaan pribadi yang butuh menyebarkan buku-bukunya.

Cukup bayar Rp12.000 untuk berlangganan di Boba kalian bisa pinjam dan menukar buku sepuasnya, semaunya, sesanggupnya. Luar biasa!

Oiya, BolehBaca ini ada toko fisiknya juga di Malang. Namanya tentu sama seperti yang sudah saya sebutkan berkali-kali yaitu Boba Library. Tapi, kalian ga perlu kirim bukunya ke Malang, cukup input data bukunya dari rumah dan dikirim langsung dari rumah kita ke alamat peminjam.

Untuk bergabung menjadi bagian dari Boba kalian cukup mendaftar melalui situsnya seperti mendaftar pada situs jual-beli lainnya. Setelah mendaftar manfaat yang kita dapat itu buanyaaaakk banget!.

Hal apa yang bisa didapat dari Boba?

tak hanya amal, barang pun dihisab

Saya punya kenalan, yang baru akan mulai meminjamkan bukunya, karena kalimat yang saya tulis di atas. Di akhirat nanti semua barang yang kita punya akan dihisab, dihitung apakah barang tersebut bermanfaat atau tidak.

Kebayang ga sih punya banyak buku tapi sekali baca doang dan bahkan belum selesai dibaca menumpuk di rak rumah. Kalau dipinjamkan ke orang lain kan lebih bermanfaat dan menjadi tabungan amal di akhirat kelak. Aamiin.

Takut kalau nanti buku yang kembali malah rusak? Ga perlu takut ya karena ada biaya langganan yang termasuk kedalam uang jaminan untuk buku mu. Lagi pula bisa ditulis dengan sangat jelas kondisi buku terakhir kamu.

Cara menyewakan buku di bolehbaca.com
Contoh kolom isian yang menjelaskan mengenai deskripsi buku.

Ga jaman deh minjemin buku, baliknya bukunya kucel wkwk. Kalau ternyata beneran rusak gimana? tenang uang jaminan yang telah kalian bayar akan digunakan untuk membayar biaya kerusakan.

Jadi, pinjamkan aja lewat Boba!

Jual buku baru yang tak tersentuh

Ga cuma bisa saling meminjamkan buku, dengan situs ini kita juga bisa menjual buku yang kita punya. Contohnya kayak saya ini, sekarang sering kalap kalau beli buku dan ga pernah dibaca. Bahkan dibuka bungkusnya aja belum. Pasti mubazir kan hmmm…

Jual buku gampang, ga pake biaya admin dan lain-lain. Sumber: Bolehbaca.com

Sekarang coba rapihkan rak kalian, siapa tau banyak buku baru yang tak tersentuh dan kemungkinan ada orang lain di luar sana yang sedang cari buku tersebut. Jual aja di Boba!

Kalau mau beli juga bisa, barangkali ada buku langka yang sudah ga terbit lagi dijual oleh pemiliknya di situs BolehBaca ini.

Membantu memerangi pembajakan buku

Tuh, sekali lempar dua-tiga uang terlampaui. Selain kita bisa meminjamkan dan menjual buku yang kita punya. Kita juga menjadi salah satu agen yang memerang pembajakan buku.

Baca juga : Kenali fenomena buku bajakan dan cirinya

Saya pernah juga tulis salah beli buku bajakan, gara-gara ga ngeh kalau salah beli. Tapi…. tenang! Di BolehBaca ada aturan yang tidak boleh menjual/meminjamkan buku bajakan. Jadi, semua buku yang kalian akan dapatkan melalui situs BolehBaca adalah buku asli dan sebenar-benarnya buku.

Mendapat passive income

Ya ampun, apalagi ini? Udah membantu menyalurkan kebaikan-kebaikan kok bisa dapet keuntungan juga?

FAQ dari BolehBaca tentang insentif. Sumber : BolehBaca.com

Ternyata dengan meminjamkan buku kita juga bisa mendapat tambahan uang dari buku yang dipinjamkan. 1 buku reguler bisa mendapatkan Rp9000. Waaaaaaaah kebayang ga kalau buku yang menumpuk di rumah kita bagus-bagus, terus yang minjem antri.

Eits… perbaiki niat guys. Ingat walaupun ada keuntungan yang bisa didapat, kita harus niat untuk membantu orang lain.

Menarik banget kan untuk bergabung dengan Bolehbaca.com? Saya aja langsung ngambilin buku-buku di rak buat input satu-satu di Bolehbaca.com. Tapi… ga sampai disitu hal yang menariknya. Ternyata Boba punya kawan-kawan yang lainnya juga loh!

Ada 4 fitur yang bisa baik pula untuk nutrisi otak dan tentunya sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Fitur-fitur BolehBaca

Nah, kalau menutrisi otak untuk tambahan perbendaharaan kata kan sudah di Boba. Sekarang ada banyak pengembangan dari Boba yang bisa kalian akses juga, yang bisa berguna untuk adik-adik kita, untuk pengembangan karir kita di dunia pendidikan.

Jujur aja, saya sebagai kakak kadang pusing melihat adik saya belajar. Kayaknya kurang serius belajarnya, jadi kayak pengen masukin ke lembaga les belajar aja. Tapi, gimana ya sekarang jamannya full day school semua siswa SMA berangkat pagi pulang sore kayak orang kerja. Kasian juga kalau pulang sekolah harus berangkat lagi ke tempat les.

Nah, Boba punya solusinya. BolehBelajar! Bobel ini merupakan penyedia jasa pengajar untuk les privat secara mudah. Pengajar akan datang ke tempat yang kita kehendaki untuk belajar. Dimanapun bisa asalkan janjian dulu yaaa wkwk.

BolehBelajar menyediakan jasa pengajar untuk semua jenjang, dari TK sampai SMA bahkan ada beberapa materi yang sangat khusus yaitu persiapan SBMPTN sampai Komputer.

Kalau mau mendaftar jadi pengajarnya juga bisa loh! Platform ini sangat terbuka bangettttttt.

Les privat udah kan di BolehBelajar. Nah, pengen lanjut kuliah di luar negeri dengan beasiswa tapi gatau gimana caranya?

Jujur aja untuk dapat beasiswa itu kita gabisa sendiri. Harus ada bantuan dari orang lain, entah untuk belajar gimana membuat essay atau pun bagaimana cara mempersiapkan dokumen yang sangat njlimet. Kita perlu orang lain setidaknya untuk sharing dan berbagi tips, tapiiiiiii kok ga punya kenalan yaa??? hmmm.

Boba punya solusinya yaitu BolehBeasiswa!. BolehBeasiswa adalah platform yang menyediakan para mentor berpengalaman yang pernah mendapatkan beasiswa baik dalam maupun luar negeri yang akan membantu kita untuk mendapatkan beasiswa yang kita mau.

Persiapan untuk TOEFL, IELTS, dan dokumen-dokumen ada semua di BolehBeasiswa.

Sepertinya 2 fitur terakhir cocok banget untuk pejuang skripsi wkwkwkw. Pengalaman saya waktu skripsian itu mumet banget ketika harus menerjemahkan jurnal atau pun waktu harus bikin abstrak jurnal. Haduh bahasa inggris pas-pasan, apalagi grammarnya super mbah-mboh.

Sekarang kalian ga perlu pusing karena ada BolehTerjemah. Tinggal kirim file yang akan diterjemahkan, bayar, dan voila apa yang kalian butuhkan akan segera dikirimkan via email. Psssst…. ada garansi 2x revisi loh!

Kalau kalian mau jadi penerjemah juga bisa banget tinggal daftar aja ya.

Wahai para jiwa penulis kalian dipanggil untuk menjadi bagian dari BolehReferensi untuk mencetak sejarah pada salah satu platform penyedia referensi akademik terpercaya. Agar masyarakat bangsa ini tidak mudah termakan hoaks kacangan.

Tau ga sih cari referensi itu merupakan hal yang paling sulit tidak hanya untuk tulisan ilmiah, bahkan ngeblog pun harus punya referensi yang terpercaya. Jangan sampai niatnya memberi informasi yang fakta malah jadi tulis sumber yang sebenarnya opini juga.

BolehReferensi seperti sebuah blog dari BolehBaca yang berisi tulisan terpercaya yang disertai dari berbagai macam sumber-sumber kredibel. Kontennya ditulis oleh tim redaksi sendiri dan dari beberapa kontributor.

Kalau kalian punya tulisan silakan saja kirim ke BolehReferensi sebagai salah satu kontributor. Tapi jangan berat-berat ya bahasa tulisannya hahaha.

Gimana? Komplit banget kan manfaat dari BolehBaca si Boba yang tidak hanya menutrisi otak tapi sangat membantu di bidang literasi dan pendidikan juga. Ayo segera daftar di BolehBaca ya!

Keuntungan dari BolehBaca dan fitur-fiturnya adalah:

  1. Biaya langganan termurah, untuk semua biaya langganan di semua fitur BolehBaca. Semua biaya yang kita keluarkan dijamin paling sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan. Informasi biaya silakan dilihat ke masing-masing fitur ya. Link sudah saya sertakan di atas.
  2. Fleksibel, untuk semua fitur yang ada BolehBaca termasuk sangat fleksibel. Dari mulai peminjaman buku yang bisa diambil di rumah atau dikirim, pengajar yang datang ke rumah, bahkan bisa janjian ketemu sama pengajar di kafe untuk belajar. Dimana pun kapan pun masalah apa pun bisa diatasi dengan Boba.
  3. Adanya jaminan yang jelas, buku rusak, penggantian pengajar, kualitas mentor, dan bahkan penerjemahan pun dijamin di Boba ini.
  4. Silakan join untuk melihat bagaimana manfaat Boba ini yaaaa…. jangan lupa cek gambar di bawah ini.
Diskon 50000 daftar bolehbelajar dan bolehbeasiswa.

Oke cukup itu sepertinya yang saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu kalian teman-temanku. Salam.

Keep in touch with Boba

Websites : BolehBaca | Instagram : @bolehbacadotcom 
Boba Library
Jl. Sukarno Hatta PTP II No 26, Kota Malang.
0813 5361 6733 / 0341 437 4151
support@bolehbaca.com

19 Comments

    • ahalona

      Wah asik banget, mbak maaf ya kalo tulisanku kurang jelas huhuh.
      Kabar baiknya mbak ga perlu kirim bukunya ke Malang, cukup input data bukunya dari rumah dan nanti buku dikirim dari rumah mbak ke lokasi peminjam gituuuu…

  • Alfa Kurnia

    Fitur-fiturnya lengkap yaaa. Mulai dari pinjem buku sampai bimbingan beasiswa belajar ke luar negeri. Kayanya yang pinjam buku itu bisa saya manfaatkan nih. Daripada koleksi buku berdebu di rumah, mending dipinjamkan ya.

    • ahalona

      Ga perlu mbak, cukup dari lokasi mbak saja 🙂
      tapi mungkin kalau memang mau kirim ke Malang untuk disimpan di perpustakaan mereka bisa konfirmasi ke Boba Library yahh

    • Karyati niken

      Langsung otomatis lirik rak buku anak-anak yang masyaallah bukunyaaaa (kadang bikin nangis kadang bahagia. Tapi gimana yaaa) Menarik ini si Boba. Mau mempelajari lagi untuk lebih detailnya ahhh.. mba lona domisili di malang ya?

      • ahalona

        Wah anak2 mbak niken suka baca yaaa, seneng banget deh. Ga mbak aku bukan domisili malang, hanya Boba Librarynya aja yang tempatnya di malang.

  • Enny Ratnawati

    Subhanallah. Aku baru tau bgt ttg ini. Kebetulan di rumah banyak banget buku-buku. Mungkin bisa ya aku input kesana. Jadi akan bermanfaat hihi.. Makasih byk infonya. Semangat kita saling berbagi kebaikan..

  • Khoirur Rohmah

    Ihh lengkap banget mbak informasinya tentang bolehbaca.com ini
    Aku juga jadi flashback kalau dulu tuh sering baca komik dari temen, antusias kalau ada penjual buku keliling di sekolah, kalau mau beli ke toko buku jauh bangettt
    bolehbaca.com ini mengingatkanku sama buku2 yg belum aku sentuhh mbak, huhuuu
    TFS mbak ^_^

  • Leila Niwanda

    Waah, baru tahu ada Boba ini. Menarik banget bisa saling pinjam buku. Bener, di rumah ada buku yang masih sayang buat dilepas (jual/donasikan) tapi juga semakin numpuk. Kalau dipinjamkan kan bisa lebih bermanfaat ya, sebenarnya. Dan juga pencatatannya rapi dengan sistem ini. Coba main ah ke situs Boba.

  • Ola Aswandi

    Masyaa Allah, ini idenya cerdas sekalii si Boba iniih.. Banyak banget buku fiksi di rumah yang cuma nganggur aja di rak buku karena sudah selesai dibaca tapi sayang kalau direlakan. BolehBaca ini bisa banget jadi solusi biar koleksi yang nganggur ini tetap bermanfaat yaa… mau kepo lebih lanjut aaah..

  • Heizyi

    Wah, situs keren nih mbak. Para pecinta buku harus tahu tentang situs ini. Jadi mereka gak perlu galau lagi kalo stok bacaan habis dan harga buku yg masih mahal. Thanks infonya mbak. Luv

  • irhayati harun

    Wah keren banget yah ada tempat pinjam buku secara online. Dulu aku juga suka pinjam buku terutama novel di rental buku. Tapi sekarang udah susah nyari rental buku. Makasih infonya mbak.

  • Reyne Raea

    Waahh sekeren itu yaaa, fiturnya, kemudahannya.
    Awalnya saya kira ini boba yang diminum itu, auto lapar dong saya, eh auto haus ding, semacam pengen order boba teh hahaha.

    Beneran deh, fiturnya lengkap banget, pinjam buku, dan bingung bahasa Inggris juga bisa langsung pakai ini sebagai penerjemah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!