Random Talk

Tertipu belanja online melalui instagram

Selamat ramadan untuk semua saudara sesama muslim di seluruh negeri.

Ada yang pernah tertipu belanja online? Sebenarnya ini bukan pengalaman saya langsung, tapi kawan dekat saya yang tertimpa musibah ini. Tapi cukup sedih soalnya saya yang rekomendasikan akun instagramnya hiks. Tapi saya sudah minta izin untuk menulis kejadiannya.

Semoga cerita ini bisa menjadi pelajaran agar kita lebih waspada, terutama untuk kalian yang suka belanja melalui non market place terpercaya selain Shopee, Lazada, Tokped, Bukalapak, dll. Ternyata penipuan online shop itu bukan mitos, atau dongeng belaka ckcck.

Awal cerita

Biasanya kami emang sering belanja lewat instagram. Tapi belum pernah tuh ketemu penjual yang akunnya ternyata bodong. Entah deh foto produknya itu dia ambil darimana. Herun! kami ini loh pembeli pintar, tapi kayaknya kurang beruntung aja wkwkkw.

Jadi, beberapa hari yang lalu kawan saya berniat beli baju koko untuk suaminya dan saya pun mengirimkan beberapa contoh baju koko di instagram (namanya temen kan saling info barang belanjaan wkwk). Gampang banget deh cari barang yang kita inginkan, seakan itu instagram bisa baca pikiran kita. Soalnya yang lagi kita pengen pasti muncul di iklan instagram story. Kok ya pas tepak banget.

Lalu ketemulah kita dengan akun instagram @muslim.wear_wr yang ternyata penipu. Kalau diliat dari profilnya sih kayak dagang beneran ya. Bisa aja kang bodong tipu muslihatnya.

Bantu report dong akun tersebut teman-teman huhu. Kayaknya komplotannya banyak huhuhu.

profil si penjual yang meyakinkan
Foto produk yang dijual. Siapa sih modelnya? Kesian 🙁

Emang lagi kurang beruntung kali ya, kami hanya melihat foto produknya aja. Ga sadar kalau akun tersebut aneh, anehnya kenapa? nanti saya jelasin di bawah hahaha.

Selang beberapa hari, kawan saya ternyata minta bantuan untuk transfer ke rekening penipu (kami belum tahu kalau dia nipu). Katanya tidak bisa melakukan transfer dari mbanking BCA, jadi dia minta tolong deh. Sebelum transfer dia sudah bilang “aku kok takut ya, kayaknya ini nipu. Soalnya dia pake rekening CIMB” Tapi tetep ditransfer wkwk.

Soalnya sebelum transfer kami coba cek nomor rekening penjual di internet namun tidak ada bukti kalau dia nipu. Yaudah deh kami berpikiran positif dan polos wwk. FYI, kalau mau kepo sesuatu tinggal ketik aja di google nanti muncul semua riwayatnya. Padahal kayaknya kemarin salah ketik gitu kurang 1 angka makanya ga keluar, tiwas zonk :(((((((

Rekening atas nama FATUR kang tipu muslihat penjual bodong. Kaya beneran ada barangnya aja ih.

Eeeeeh, ternyata bisa transfer ke rekening tipu-tipu itu lewat mbanking Bank Victoria International milik saya. Kemudian hari berjalan seperti biasa, bunga bermekaran tanpa ada yang sadar.

Selang 2 hari kawan saya baru ingat menanyakan barang sudah dikirim atau belum. Ternyata…. TERNYATA! T E R N Y A T A….!!! kawan saya sudah diblokir nomor whatsappnya. Gzzzzzzz! Lagu lama saudara-saudara.

Saya coba pura-pura chat pun setelah tanya lokasinya dimana dan waktu saya bilang lokasinya kaya rumah kosong eh saya langsung di blok. Begitupun suami kawan saya, pura-pura beli dan ketika to the point bilang dia penipu langsung di blok. Hmmmm… tapi akun instagramnya masih tetep eksis update produk terbaru setiap hari. Idih…

Yang sebelnya lagi dia juga aktif update instagram story, udah kayak penjual beneran aja. Segala ada video barang mau dikirim. Idih….

Jumlahnya memang ga banyak, karena untungnya kawan saya hanya beli 1 baju. Cuma yang ga habis pikir kok bisa ya ketipu, padahal udah sering banget belanja dan selalu cek dua kali sebelum beli. Ini bisa buat pelajaran kita semua.

Ga nyangka di bulan baik ini ada aja yang mencoba buat ambil keuntungan dengan jalan instan seperti ini. Ternyata saya cek di twitter banyak juga yang tertipu, bahkan tertipu belanja mukena.

Setelah saya cari lebih jauh ternyata banyak banget yang jualan barang serupa di instagram dengan modelnya mas-mas di atas. Siapakah anda gerangan mas? Wajah mu dipakai untuk jualan yang nipu-nipu. Bahkan penjual bodong ini rela bayar lebih untuk mengiklankan akunnya di instagram.

Omsetnya kayaknya banyak banget ya padahal modal boong :((( Dosa wey dosa nanti buncit perutnya :((((

Keanehan akun jualan bodong

  1. Highlight story instagram hanya sedikit, testimoni hanya 1 video.
  2. Tag dimatikan atau tidak ada yang ngetag sama sekali, biasanya akun jualan yang beneran pasti ada pembeli yang posting pakai barang tersebut.
  3. Kolom komentar dimatikan. Tidak ada komentar pembeli sama sekali.
  4. Tidak pernah update barang asli, sekalipun ada kualitas videonya buram macem udah di download-upload ribuan kali (lebay).

Gimana cara cek penjual di instagram asli atau penipu

  1. Pastikan akun instagram tersebut memiliki testimoni yang banyak, ga cuma satu atau dua bukti saja. Karena akun di atas hanya menampilkan 1 bukti testimoni.
  2. Biasanya penjual yang serius dan asli itu melakukan penjual di market place juga atau melalui web mereka sendiri. Ada beberapa yang tidak punya namun biasanya akun si pemilik tertera jelas.
  3. Pastikan kalau banyak pembeli asli yang komentar di kolom produk. Karena akun di atas mematikan kolom komentarnya. Kami baru ngeh diakhir hiks.. jangan kayak kami ya.
  4. Kalau sudah sampai ke chat admin WA dan dikirim rekening penjual. Kita bisa loh cek rekening tersebut di situs cek rekening Kominfo (cekrekening.id). Kalau si penipu sudah lama malang melintang di dunia tipu-menipu pasti banyak yang melaporkan. Walaupun tindak lanjut dari kominfonya juga lama sih, gatau deh akan ditindaklanjuti atau gak. Seenggaknya ada jejak rekening si pelaku di internet.
  5. Laporkan ke bank milik si penipu, walaupun agak sulit bin ribet yang kawan saya alami jika melalui CIMB Niaga dibutuhkan surat kehilangan dari kepolisian. Hmmm… padahal beberapa bank bisa langsung lapor saja ya. Ya ga sih?
  6. Kalau sulit akses cek rekeningnya kominfo, kalian bisa taruh nomor rekening atau nomor telepon si penjual di pencarian google. Jangan salah ketik atau kurang 1 huruf ya, nanti ga ketemu.
Waktu saya coba cari no rekening tanpa kurang 1 huruf. Bukti jika rekening si penjual muslim.wear_wr nipu-nipu

Jadi, ada yang pernah mengalami hal serupa? Semoga kita lebih berhati-hati ya untuk berbelanja. Kalau bisa langsung belanja ke toko fisik saja atau belanja ke akun atau tempat yang pasti barang akan sampai.

14 Comments

  • Amiria

    omg! Pas bulan ramadhan gini bukannya mencari pahala sebanyak2nya malaaah nipu2. Semoga kita dijauhkan dari penipu-penipu dan lebih aware lagi terhadap online shop.

    • ahalona

      iya mbak, semoga ga banyak korban soalnya akun instagramnya masih eksis apdet-apdet mulu huhuhu. Kasian perutnya pasti buncit makan uang hasil nipu :((((
      Instagram ngeri banget sih, kalo di market place paling ketipu barangnya ga sesuai ekspektasi wkwkwk

  • Ewafebri

    Alhamdulilah saya belum pernah tertipu. Tapi cerita seperti ini penting juga disebarkan ke yang lain. Kadang karena kita selalu positif thinking, kita jadi gak tahu , bahwa kita sedang ditipu.

    Paling gak kalo beli di Instagram memang harus banyak lihat testimoni. Pun di ecommerce. Pastikan selalu baca review dan tanya ketersediaan barang. Jangan sa

    • ahalona

      alhamdulillah kalau gitu mbak, semoga ga ketemu yg beginian. Aamiin

      iya mbak eva kadang suka ada orang yang ga ngeh gitu kalo lagi apes hftt…

  • Hanihan

    Alhamdulillah aku sih belum pernah ketipu, paling bahan dari barangnya aja yang gak sesuai sama ekspektasi. Ayo report bareng2 para akun penipu

  • Sabda Awal

    saya anti banget beli di ig kalo ga ada testimoni dari temen saya langsung. paling mudah sih mengenali yang penipu, kolom komentar. Kalau di matikan ,fix ini nipu…

    sekarang penipu makin pintar, tapi kita calon pembeli harus lebih pintar.

    Mkasih sharingnya 😀

  • Reyne Raea

    Waaahhh, kemaren pas Ramadhan banyak banget yang ketipu, saya liat di instagram, banyak yang share akun penipu.
    Sedih deh.

    Kalau saya emang sejak dulu gak pernah mau beli sesuatu online hanya asal liat trus transfer.
    Kalaupun saya pengen banget sesuatu, saya milih lewat marketplace terkenal.

    Semoga para penipu itu bisa dibukakan hatinya ya

    • ahalona

      Aamiin mbak rey. Bener banget mbak rey, lebih baik beli di marketplace aja sekarang, untung2 yg punya dagangan di ig jualan di marketplace juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *