Random Talk,  Tutorial

Menambah server Z39.50 di SLiMS Akasia

Hello setelah sebelumnya aku tulis gimana caranya instal Z39.50 di windows. Sekarang aku mau kasih tutorial gimana caranya nambahin port/server perpustakaan lain, agar memudahkan pustakawan melakukan input data bibliografi dengan cara salin data.

Untitled

Awalnya, setelah kita instal Z39.50 hanya tersedia server dari Library of Congress Voyager. Terkadang ga semua buku yang kita akan masukkan, dimiliki juga datanya oleh LOCV. Jadi, sangatlah perlu untuk kita menambahkan server lain sesuai kebutuhan kita.

Hal pertama yang kita butuhkan untuk menambahkan server adalah memastikan slims sudah terkoneksi dengan jaringan internet (bukan sudah online ya, hanya terkoneksi) dan mengetahui port yang menyediakan server z39.50. Kita bisa mengunjungi website IRSpy untuk melihat alamat yang akan digunakan.

irps.png

Lalu, kita bisa langsung mengetikkan nama perpustakaan yang ingin kita hubungkan. Contohnya yang aku gunakan adalah National Library of Scotland. Berikut data host, port, dan dbnya.

scyot

Kemudian buka file sysconfig.local.inc.php dengan notepad++ dan tambahkan kode seperti dibawah ini pada baris setelah 355.

$sysconf[‘z3950_max_result’] = 50;
$sysconf[‘z3950_source’][1] = array(‘uri’ => ‘z3950.nls.uk:7290/voyager’, ‘name’ => ‘National Library of Scotland’);

sysconfig1

Kemudian save dan reload server slims kita. Selamat kita telah selesai menambahkan server di slims kita!

Bila kalian bingung memilih alamat perpustakaan mana yang akan kalian hubungkan. Aku ada sedikit saran, kalian bisa mengunjungi Worldcart Book dan masukkan nomor isbn buku yang kalian punya. Setelah itu kalian akan mendapatkan data buku yang kalian cari tersebut. Kalian bisa melihat di bagian Find a copy in library seperti dibawah ini.

find copy.PNG

Dari sana kita bisa melihat perpustakaan mana saja yang punya salinan data seperti yang kita punya. Cukup tambahkan alamat yang menurut kita perpustakaan tersebut besar dan kemungkinan besar koleksi yg kita punya dimiliki oleh mereka.

Kalau aku sendiri koleksi buku yang kami punya banyak juga dimiliki oleh National Library of Scotland. Walaupun kadang juga tidak ada. Sekian tutorialnya semoga bermanfaat… Jangan ragu tinggalkan komentar ya untuk berdiskusi.

Catatan: koleksi yang kebanyakan bisa disalin adalah koleksi terbitan asing ya. Karena sangat jarang sekali perpustakaan luar negeri punya koleksi terbitan indonesia kecuali buku-buku tertentu (yg amat kecil kemungkinannya).

See youuuu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *