Random Talk

Pengalaman kursus online di Skill Academy

Semua akan online pada masanya.

Banyak ga yang baca kalimat di atas akhir-akhir ini? Ga nyangka akan sampai pada masa ini, belajar pun sepenuhnya online di rumah.

Tapi kebijakan #dirumahaja terkadang suntuk juga dan butuh asupan ilmu, kenapa tidak digunakan menambah pengetahuan. Contoh yang kemarin sempat menggratiskan materi itu ada Udemy, Coursera, Edx, Skill Academy, Dicoding, dll.

Kesempatan ini ga bisa dilewatkan begitu saja oleh pecinta gratisan macam saya. Siapa nih yang juga ikut daftar kelas pengembangan diri online?

Pilihan jatuh pada Skill Academy by Ruangguru yang iklannya seantero jagat maya dan pertelevisian. Walaupun 1 pengguna hanya gratis 1 materi itu pun untuk pelanggan baru. Lumayan banget kan setelah kursus online bisa dijadiin bahan konten di blog barangkali bisa nambah deh traffic (((berharap))).

Pilihan kelas jatuh pada Data Analysis Using Google Data Studio. Sebenarnya banyak materi yang lain juga beberapa tentang SEO, cara menulis, dan juga story telling. Kalo SEO saya udah punya referensi tersendiri dan baru dengar tentang data analisis, kayaknya menarik.

Kelas Data Analysis Using Google Data Studio ini dipandu oleh Mbak Wanda Hamidah yang bekerja di Gojek. Materinya disampaikan dengan video dan tutorial langsung oleh Mbak Wanda. Btw, butuh dua hari untuk saya menyelesaikan kelas ini.

Sudah lama ga belajar dan ‘niat’ nambah kemampuan bikin saya agak kesulitan menyelesaikan kelasnya. Soalnya beberapa kali ikut Coursera tapi drop out alias ga menyelesaikan kelas sesuai batas waktunya, mentok di pertengahan materi. Pengalaman mengikuti kursus online sampai lulus dan dapat sertifikat itu sebuah prestasi buat saya.

Kesan selama belajar itu mudah. Iya, kelasnya dipandu secara jelas oleh tutor dari mulai pengenalan apa dan bagaimana data itu, sampai cara menyusun data agar dapat dibaca oleh orang lain. Selama ini saya kalo punya data ya bikin satu-satu pake excel, gaya lama banget deh.

Materi yang disajikan berupa video sekitar 5-10 menit, saya agak lupa. Pokoknya cepet banget deh sampai tidak berasa. Semua yang diajarkan ga lupa saya catat.

Cuma yang saya agak sesalkan, kursus online dengan materi seperti ini kan dibutuhkan praktek. Seharusnya goalnya itu siswa bisa menggunakan Google Data Studio untuk menyajikan data yang baik. Ekspektasi saya saat assignment itu diberikan data kemudian siswa coba untuk meyajikan data sesuai soal.

Nyatanya saat assignment hanya diberikan 10 soal dasar tentang teori data, tentunya materi yang tutor sebutkan. Entah saya anaknya emang praktikal abis atau saya yang ga nyimak penjelasannya.

Saya harus mengulang materi dari awal untuk menemukan jawaban dari ke sepuluh soal tadi. Padahal saya sudah mencatat bagaimana mengolah data menggunakan Google Data Studio.

Sepertinya kelas yang saya ikuti membutuhkan inisiatif dari siswa sendiri untuk mengembangkan ilmu yang sudah diberikan. Jadi, untuk kalian yang mengikuti kursus online jangan membatasi diri dengan materi yang diberikan oleh tutor saja ya kalian harus mencobanya sendiri sampai paham dan mencari materi pendukung lainnya.

Mungkin emang saya aja yang terlalu berharap banyak di ujian kursus online pertama saya. Kalau pengalaman kalian ikut kursus online bagaimana?

Terima kasih Skill Academy semoga semakin jaya dan mencerdaskan anak Indonesia. Oya setelah menyelesaikan kelas ini saya jadi menyelesaikan beberapa kursus online lainnya, alhamdulillah ga drop out lagi.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *